DAY TO DAY ITINERARY – RENCANA PERJALANAN HAJI 1430 H / 2009 M

04 DZULHIJAH 1430 H : JAKARTA - JEDDAH
Pukul 10.00
Jemaah berkumpul di Cengkareng Airport dengan sudah mengenakan baju seragam Jamaah haji. Dan Jemaah akan menerima Paspor Haji dan Boarding pass. Bersama-sama jemaah masuk ke dalam airport melalui Gate 3. Setelah melalui counter imigrasi dan custom jamaah menuju ruang tunggu yang telah ditentukan. Selama menunggu saat keberangkatan – jemaah dapat menunaikan sholat Dzuhur dan Ashar dijamak Takdim di mushola ruang tunggu.
Pukul 14.10 WIB
Bismillahi tawakkaltu’alallohu – Jamaah bertolak dari Jakarta menuju Jeddah menggunakan pesawat GARUDA AIRWAYS GA 980


05 DZULHIJAH 1430 H
Pukul 01.25 WSA
Insya Allah Tiba di Jeddah, dan mendarat di Terminal Haji Airport Int. King Abdul Aziz. Turun dari pesawat jemaah akan ditempatkan di ruang tunggu. Setelah itu jemaah harus melalui serangkaian pemeriksaan. Dokumen Imigrasi, pemeriksaan bagasi / custom dan counter tiket bus Naqabah. Di pintu keluar koper bagasi akan langsung diambil oleh porter bandara dan dibawa ke area tunggu khusus Indonesia menggunakan trolly besar. Ini lazim, jamaah tidak usah khawatir. Setelah itu jamaah dapat menganti pakaian ihrom. Mengucapkan Niat Umrah dan dilanjutkan sholat Subuh serta beristirahat sambil menunggu pengurusan bus Naqabah yang akan membawa rombongan ke Aziziah di pinggiran Kota Mekkah. Seluruh Paspor akan dikumpulkan oleh Tour Leader. Standard Bus Naqabah yang akan diperoleh sepenuhnya mengikuti mekanisme yang diatur oleh Jawatan Transportasi Saudi Arabia (Naqabah). Proses ini memakan waktu tergantung tingkat kepadatan kedatangan jamaah haji saat itu. Makan pagi di Box
Pukul 06.00 WSA
Setelah selesai registrasi Maktab dan Bus sudah tersedia maka kafilah haji bertolak menuju Aziziah. Setelah menempuh 1-2 jam perjalanan, tiba di Aziziah setelah melalui pemeriksaan di Cek Point dan Maktab VIP (MAKTAB 105), kafilah haji langsung diantar menuju Apartemen Aziziah yang berlokasi diantara kota Mekkah dan Mina. Setelah beristirahat, berangkat ke Masjidil Haram untuk melaksanakan
Umrah yaitu Thowaf, Sa’i dan diakhiri dengan Tahalul. Kembali ke Apartemen Aziziah untuk makan siang dan beristirahat

06 – 08 DZULHIJAH 1430 H : AZIZIAH
Selama di Aziziah (masih termasuk kawasan Makkah) jamaah haji memperbanyak ibadah meraih keutamaan lipatan pahala 100.000 kali kebaikan Tanah Haram dengan melaksanakan sholat fardlu,

08 DZULHIJAH 1430 H : AZIZIAH – MINA
Setelah sholat subuh dan Makan pagi. Jamaah bersiap-siap Untuk sholat Jum’at di masjid terdekat pondokan. Makan siang. Jamaah bersiap mandi Ihram, Sholat Maghrib dan Isya serta makan malam. Setelah makan malam jamaah Bersiap-siap ber-haji. berpakaian ihram dan Sholat sunnah ihram. Mengambil Miqat dari Hotel pondokan Aziziah dengan melafadzkan
niat haji.
Pukul 21.00 WSA
Berangkat menuju Mina untuk Tarwiyah dengan hanya membawa tas serbaguna arafah dan keperluan baju ganti secukupnya., tinggal selama 1 hari di mina untuk mempersiapkan perbekalan/logistik saat mabit di mina pada hari-hari Tasrik.
Pukul 23.00 WSA
Tiba di tenda Mina yang telah di tentukan oleh Maktab VIP (MAKTAB 105) dan beristirahat.

9 DZULHIJAH 1430 H
: AROFAH - MUZDALIFAH
Pukul 05.00 WSA
Sholat Subuh dan makan pagi sesuai pelayanan maktab.
Pukul 11.30 WSA
Seluruh jamaah haji Kafilah Bayuaji berkumpul di tenda dalam keadaan telah berwudlu, duduk bersila dalam formasi shaf menghadap kiblat. Khotbah Arafah disampaikan untuk menghantar dan membimbing jamaah memasuki waktu wukuf.
Pukul 12.05 WSA
Adzan dikumandangkan menandai datangnya waktu Dzuhur dan sekaligus saatnya berniat Wukuf. Sholat Dzuhur dan Ashar di dirikan secara jama’ Ta’dhim Qashar masing-masing 2 rokaat dengan 2 kali Iqomah. Usai sholat dilanjutkan dengan Dzikir dan Do’a bersama-sama dan diakhiri dengan saling memaafkan sesama jamaah dan antara suami-istri. Selanjutnya setelah makan siang masing- masing
jamaah melakukan sendiri dzikir, do’a, muhasabah (instropeksi dan mohon ampun) dan membaca Qur’an mengisi waktu wukuf. Wukuf adalah rukun utama haji . Gunakanlah kesempatan terbatas ini untuk meraih kemuliaan hidup, ampunan dosa dan limpahan rohmatNya karena hari Arofah adalah hari dimana Allah mengabulkan segala doa.
Pukul 17.30 WSA
Menjelang maghrib jemaah kembali berkumpul di tenda untuk berdo’a bersama-sama hingga terbenam matahari. Saat berkumandang adzan Maghrib maka berakhirlah waktu wukuf. Bersyukur karena Jamaah telah meraih sahnya haji dengan segala keutamaan dan kemuliaan dari Allah SWT. Yakinlah bahwa Allah telah mengampuni dosa dan melipat gandakan segala amal ibadah dan mengabulkan segala do’a kita. Melaksanakan Sholat Maghrib dan Isya dengan di Jama dan Qashar.
Pukul 21.00 WSA
Setelah makan malam, diiringi gema Talbiyah dan takbiran – seluruh jemaah meninggalkan bumi Arafah menuju Muzdalifah menggunakan bus/coaster AC Naqabah. Di Muzdalifah : Jamaah dapat mengambil batu kerikil untuk melempar jumrah. Diperlukan 70 batu kerikil untuk seluruh jumrah. Bila tidak memungkinkan dapat mengambil 7 batu kerikil dan sisanya mengambil di Mina. Jamaah melakukan Mabit (tidur) lewat tengah malam. Keterangan : Jika tidak memungkinkan dapat dilakukan diatas kendaraan sambil melintas Muzdalifah walau hanya sekejap/sesaat ( jawa : sa’leran). Selanjutnya perjalanan diteruskan menuju Mina.

10 DZULHIJAH 1430 H : MINA
Pukul 05.00 WSA
Tiba di Mina. Sholat Subuh dan makan pagi sesuai pelayanan maktab. Bila tidak memungkinkan tiba di Mina subuh, maka sholat subuh dilaksanakan di dalam bus.
Ada 4 agenda yang dapat dilakukan pada hari ini :
Lempar Jumroh Aqobah, Jamaah menyiapkan 7 kerikil dan bersama-sama dalam koordinasi dan bimbingan Ustad dan para Muthowif /TL menuju areal jamarat untuk melempar Jumrah Aqobah , dilaksanakan sesuai dengan jadwal melontar dari maktab dengan memperhatikan kondisi. Jamaah yang tidak mampu mewakilkan kepada amaah lain atau muthowif.
Sembelih hewan hadyu / dam tamattu, karena secara teknis tidak memungkinkan maka diwakilkan kepada ahlinya / pemerintah KSA di Jabal Qurban Mina.
Cukur rambut (Tahallul awal) dilakukan setelah melempar Jumroh Aqobah atau Thowaf Ifadloh (salah satu mana yang lebih dahulu). Bila telah dilakukan maka sudah bebas seluruh larangan ihram kecuali larangan berhubungan suami istri. Jamaah sudah dapat melepas Ihram berganti pakaian biasa
Thowaf Ifadloh dan Sa’i Haji (Tahallul Akhir) di Mekkah. Karena situasinya masih sangat padat maka akan dilakukan pada hari-hari Tasrik sambil melihat kondisi kepadatan Masjidil Haram. Thowaf Ifadloh akan menggugurkan larangan berhubungan suami istri. Jika belum dilakukan maka larangan ini tetap berlaku.
Pukul 18.00 WSA (memasuki tgl 11 Dz Hj)
Mabit di Mina ke-1. Tinggal minimal setengah malam di Mina. Bila jamaah hendak keluar dari Mina maka dilkukan setelah lewat tengah malam dan harus kembali kemina sebelum Maghrib. Memperbanyak Ibadah dan istirahat.

11 DZULHIJAH 1430 H : MINA (TASRIK HARI KE-1)
Melempar ke-tiga Jumrotul Ula, Wustho dan Aqobah masing-masing 7 lemparan kerikil. Dilakukan secara beregu dan begilirian dalam koordinasi Muthowif. Waktu pelontaran mengikuti jadwal dari maktab. Jamaah yang tidak mampu/sepuh bisa mewakilkan ke jamaah yang lain. Setelah selesai kembali ke tenda Mina. Sholat fardlu dan memperbanyak ibadah.
Pukul 18.00 WSA (memasuki tgl 12 Dzulhijah)
Mabit di Mina ke-2. Tinggal minimal setengah malam di Mina. Bila jamaah hendak keluar dari Mina maka dilkukan setelah lewat tengah malam dan harus kembali ke Mina sebelum Maghrib. Memperbanyak Ibadah dan istirahat.

12 DZULHIJAH 1430 H : MINA – MADINAH (TASRIK HARI KE-2)
Melempar ke-tiga Jumrohtul Ula, Wustho dan Aqobah masing-masing 7 lemparan kerikil. Dilakukan secara beregu dan begilirian dalam koordinasi Muthowif. Jamaah yang tidak mampu/sepuh bisa mewakilkan ke jamaah yang lain. Setelah
selesai melontar bersiap untuk segera berangkat menggunakan bus Naqobah ke Madinah dengan terlebih dahulu menjemput bagasi dan melapor ke kantor maktab (bila mengikuti rencana awal untuk mengambil Nafar Awal.
Pukul 21.00 WSA
Setelah makan malam, Perjalanan dilanjutkan ke Madinah

13 DZULHIJAH 1430 H : MINA-MAKKAH- MADINAH
Setelah menempuh perjalanan 6 – 10 jam, Isya Allah tiba di Medinah. dan setelah melalui pemeriksaan di pilgrim center Muasasah Adila, kafilah haji langsung diantar menuju Hotel Mawadah Inter yang berlokasi dekat dengan Masjid Nabawi dan diawali dengan sholat Subuh berjamaah di Masjid Nabawi (Hari Pertama sholat Arbain)

14 – 20 DZULHIJAH 1430 H : MADINAH
Selama di Madinah seluruh jamaah mengikuti sholat fardlu berjamaah di Masjid Nabawi (Program Arbain) dan juga memperbanyak ibadah meraih keutamaan Masjid Nabawi dengan kegiatan sholat sunnah, tadarus, doa dan dzikir dan Tausiah Insya Allah akan diadakan berkala yang jadwal waktunya akan ditentukan kemudian. Salah satu hari akan digunakan untuk kegiatan Ziarah sekitar Masjid Nabawi dan Ziarah sekitar kota Madinah. Mengunjungi antara lain :
Makam Rasulullah SAW, Umar bin Khatab, dan Abu Bakar As Sidiq serta Raudlah di kompleks Masjid Nabawi, Makam Baqi
Masjid Quba dan Qiblatain, lokasi perang Uhud di Jabal Uhud, Lokasi perang Khandak (Masjid Sab’a), Pasar Kurma

21 DZULHIJAH 1430 H : MADINAH – MEKKAH
Pukul 13.00 WSA
Setelah sholat Juhur dan makan siang seluruh bagasi telah siap di depan pintu kamar untuk dibawa turun ke loby oleh porter Hotel Zamzam Tower. Bersiap mandi Ihram bagi yang berniat untuk melaksanakan umrah lagi.
Sekeliling Masjidil Haram dan ex Rumah Rasulullah SAW
Kawasan Masya’ir (tempat pelaksanaan haji) yaitu : Arofah (Jabal Rahmah, Masjid Namiroh), Muzdalifah, Mina (Jamarat dan Masjid Al Kheif), Jabal Nur dan Jabal Tsur, Masjid Ji’ronah (salah satu tempat miqat), Makam sahabat di Ma’la, Masjid Jin dan Masjid Abu Hurairoh.
22 – 25 DZULHIJAH 1430 H : MAKKAH – JEDDAH
Pukul 08.00 WSA
Seluruh bagasi telah siap di depan pintu kamar untuk dibawa turun ke loby oleh porter hotel, untuk di masukkan ke bus. Melaksanakan Thowaf Wada (perpisahan).
Pukul 16.00 WSA
Setelah makan siang Sholat Ashar kafilah berangkat menuju Jeddah dengan terlebih dahulu singgah di maktab untuk cek administrasi kepulangan. Tiba di Jeddah langsung transit restoran untuk makan malam.
Setelah makan malam dilanjutkan dengan city tour kota Jeddah shoping di Balad, Sholat Maghrib dan Isya di Jama Takhir di Masjid Terapung Laut Merah dan dilanjutkan menuju Terminal Haji Airport King Abdul Aziz untuk Chek In.
Pukul 21.00 WSA
Tiba di Terminal Haji. Langsung Check In Bagasi.

26 DZULHIJAH 1430 H : MAKKAH - JEDDAH – JAKARTA
Pukul 02.45 WSA
Dengan menggunakan maskapai penerbangan Garuda Airways No. penerbangan GA 981 Jamaah bertolak menuju ke Jakarta. Mendarat di Bandara International Soekarno Hatta Cengkareng. Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin dengan izin dan perkenan dari Allah SWT seluruh jamaah Kafilah Haji tiba kembali di tanah air dalam keadaan aman, selamat dan barokah serta berbekal pahala haji mabrur. Insya Allah… Amin

Copyright � 2011 At-Tiin Tour
Powered by MWebCentral